SURGA DI RAJA AMPAT

7Di bagian timur Indonesia, ternyata tersimpan keindahan. Siapa yang tak mengenal tempat paling indah di Indonesia ini. Pasti sebagian orang sudah pernah singgah dan menikmati ke indahan tempat ini. Raja Ampat, letaknya di timur Indonesia, yaitu di Papua. Daerah yang mungkin bagi kita orang kota tak pernah membayangkan keadaan disana. Namun, ternyata banyak keindahan yang tersimpan di dalamnya, dan layak di sebut sebagai “surga”. Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Indonesia. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool,Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

8

Raja Ampat adalah pecahan Kabupaten Sorong, sejak 2003. Kabupaten berpenduduk 31.000 jiwa ini memiliki 610 pulau (hanya 35 pulau yang dihuni dan sebagian besar belum memiliki) dengan luas wilayah sekitar 46.000 km2, namun hanya 6.000 km2 berupa daratan, 40.000 km2 lagi lautan. Di sana terdapat terumbu karang tunggal yang mengandung lebih banyak spesies dibandingkan dengan yang ada di seluruh Kepulauan Karibia. Sebuah miniatur kepulauan hutan hujan tropis dengan sederet pulau-pulau, pulau karang, hutan bakau, dan pantai berkilau mutiara di lepas pantai Papua Barat, Indonesia.Pemandangan di Raja Empat membuktikan keindahan di atas permukaan juga tak kalah spektakuler. Di Wayag, terdapat karst batu kapur curam bersiramkan sebuah laguna kobalt yang membelah hutan. Pohon kanopi dipenuhi dengan burung-burung langka yang menawarkan pertunjukan megah. Kita juga bisa menyaksikan kisah asmara melalui tarian flamengo, burung endemik merah khas Raja Ampat. Asalkan, kita bangun pada pukul 03.00.

raja ampat

Subhanallah, maha suci ALLAH yang telah menciptakan alam dan seisinya. Kita sebagai manusia patut merasa bangga, karena di bumi kita diberikan segala macam keindahan yang sungguh memperlihatkan kepada kita akan surga di alam sana. Perairan Raja Ampat di Papua Barat, ibarat surga di bumi ini. Salah tempat di muka bumi ini yang paling beragam secara biologis dalam hal kehidupan laut. Tempat ini juga dikenal sebagai jantung dari Segitiga Karang dunia. Wisatawan mancanegara masih mendominasi kedatangan ke Raja Ampat dengan jumlah pada 2011 sebanyak 6.178 orang. Para turis paling banyak berasal dari benua Eropa, seperti Inggris, Belanda, Jerman, dan Swiss.

d

Keadaan ini, bisa dijadikan sebagai pengembangan wisata di Indonesia. Pemerintah harus lebih mencurahkan perhatian terhadap pulau ini. Terumbu karang di dalamnya, jernih air yang mengalir, adalah hal yang paling sayang apabila tidak dirawat dan tidak dijaga dengan baik. Itu merupakan aset keindahan yang dimiliki oleh negara Indonesia.Berdasarkan sejarah, di Kepulauan Raja Ampat terdapat empat kerajaan tradisional, masing-masing adalah kerajaan Waigeo, dengan pusat kekuasaannya di Wewayai, pulau Waigeo; kerajaan Salawati, dengan pusat kekuasaan di samate, pulau Salawati Utara; kerajaan Sailolof dengan pusat kekuasaan di Sailolof, pulau Salawati Selatan, dan kerajaan Misol, dengan pusat kekuasaan di Lilinta, pulau Misol.

d good iya ok

Penguasa Kerajaan Lilinta/Misol (sejak abad ke-16 bawahan kerajaan Bacan):

  • Abd al-Majid {1872-1904)
  • Jamal ad-Din (1904-1945)
  • Bahar ad-Din Dekamboe (1945 – )

Penguasa Kerajaan Waigama (sejak abad ke-16 bawahan kerajaan Bacan):

  • Abd ar-Rahman (1872-1891)
  • Hasan (1891/1900-1916)
  • Syams ad-Din Tafalas (1916-1953)

Penguasa Kerajaan Salawati (sejak abad ke-16 bawahan kesultanan ternate):

  • Abd al-Kasim (1873-1890)
  • Muhammad Amin (1900-1918)
  • Bahar ad-Din Arfan (1918-1935)
  • Abu’l-Kasim Arfan (1935-?)

Penguasa Kerajaan Waigeo (sejak abad ke-16 bawahan kesultanan ternate):

  • Gandżun (1900-1918)

Potensi alam di kepulauan Raja Ampat:

Berdasarkan potensi masing-masing distrik, pemerintah kabupaten merencanakan pengembangan wilayah untuk empat sektor, yaitu:

Pariwisata

Terutama wisata bahari akan dikembangkan di pulau Kofiau, Misool, Waigeo Selatan dan Barat serta kepulauan Ayau.

Perkebunan

Dengan komoditas utama kelapa dalam dan kelapa sawit akan dipusatkan di Pulau Pam, Kofiau dan Salawati.

Pertambangan

Dipusatkan di Pulau Salawati (batubara dan migas); Waigeo dan Gag (nikel); Batanta dan Misool (emas dan bahan baku semen).

Perikanan

Kepulauan Ayau, Waigeo, Batanta, Salawati dan Kofiau.

Sumber :

Wikipedia

kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s